Rabu, 14 November 2012

TRIK "memperbaiki tv"

Cara Servis TV Yang Sering Konsleting


Senin, Oktober 11, 2010 | , Mungkin kita jengkel dengan kejadian seperti ini. Malam - malam waktunya berkumpul dengan keluarga untuk menikmati acara pada layar televisi, tangan mulai menancapkan kabel jack tv ke tegangan PLN, lalu menekan tombol power pada tv....tiba-tiba... Kleeeeeggggg.........padamlah semua listrik dalam rumah anda. Mungkin Anda berfikiran bahwa listrik dirumah tidak kuat dengan beban yang begitu besar. Berbagai cara telah anda lakukan untuk menangani masalah tersebut dengan penambahan daya, penggantian sekring, penambahan penyatabil tegangan dll.
Setelah Anda sadari , bahwa hanya pada waktu menyalakan televisi lah listrik dirumah Anda menjadi padam.
Dengan kata lain, Tv dinyalakan langsung konsleting ( njeglek).

Untuk itulah perlu dilakukan perbaikan pada televisi Anda.
Berikut adalah cara cepat untuk memperbaiki tv yang apabila dinyalakan terjadi konsleting :

  1. Buka cover tv Anda
  2. Seperti biasa Groundkan tegangan yang terdapat pada tabung tv.
  3. Ukurlah Resistor Kapur( bentuknya kotak memanjang dan ada juga yang bulat memanjang) pada rangkaian power supply utama ( biasanya resistor ini putus / pecah).
  4. Setelah pengecekan resistor selesai , lakukan langkah berikutnya yaitu pengecekan pada Dioda Bridge ( kakinya 4 selain itu ada juga yang memakai dioda silikon biasa ).
  5. Ternyata hasil dari pengecekan Dioda masih dalam keadaan baik semua, kita melanjutkan langkah berikutnya yaitu pengecekan pada TRANSISTOR POWER SUPPLY.
    Biasanya Transistor power supply ini short dan ada juga yang transistornya pecah.
    Kebanyakan kerusakan seperti ini yang sering saya jumpai adalah penyebab utamanya TRANSISOTOR POWER SUPPLY yang sudah short ( selain memakai transistor, ada juga tv yang memakai STR sebagai penguat power supply) .
  6. Lahkah terakhir pada perbaikan kali ini adalah pengecekan pada Transformator ( Trafo) . Ukurlah hambatan pada trafo tersebut, Dalam kasus ini semua kaki pada trafo saling berhubungan dan akhirnya terjadilah hubungan singkat pada trafo ini ( penyebab utamanya yaitu lilitan yang terdapat dalam trafo ini terbakar dan saling hungan singkat).

Selamat bekerja dan semoga sukses selalu...



tv mati karena kerusakan power supply

TV mati karena Kerusakan Power supply
Oleh : mahdar
Power supply sering sekali rusak biasa akibat listrik tak menentu arus nya  . kerusakan power supply pada tv selain  jebol transistor nya  ada satu lagi yang sering terjadi power supply tidak kerja . klo power supply tidak kerja otomatis tegangan VCC di sekunder tidak keluar .
Sering kali saya dapat di tv fuji , tv sierra , detron power supply tidak kerja karena resistor  yang menuju basis transistor power supply putus yang ukuran nya 220 kohm sampai 330 kohm  , jadi tanpa ada masukan tegangan di basis  transistor  power tersebut…. ga bisa kerja walaupun tegangan masuk 300 volt nya ada .malah klo ga kerja gitu  di colektor TR tersebut masih menyimpan tegangan  alias strum . ini juga sama klo ada yang pakai IC . cari deh…resistor yang ukuran nya 220 kohm  , klo putus kasus nya seperti ini . biasa  untuk tv lama loh….
Untuk tv yang sekarang lain lagi biasa rusak  TR power dan driver nya kadang juga sering rusak opto coupler nya . ini untuk chasis tv cina
Ini aja dulu artikel saya  .
Semoga bermanfaat . sukses untuk anda…

tv fuji 29′ strip vertikal

Kerusakan tv fuji strip vertical.
Oleh : mahdar
Tv fuji elektrik  , siera sering sekali gambar setrip alias gambar garis melintang dari kiri kekanan yang disebabkan IC vertical nya  jebol .
Bila kita ukur VCC out put vertical nya ada 0 volt , maka pasti IC vertical nya rusak . tegangan  VCC  nya ada 24 volt jadi , tegangan output vertical nya harus ada kurang lebih separuh nya 12 ~ 14 volt . kenapa terjadi demikian ? ….. karena  power supply naik , mau tak mau tegangan VCC yang masuk ke FBT juga naik , klo udah begitu tegangan VCC  IC vertical nya juga naik , klo udah naik IC vertical jadi panas  , maka terjadilah kerusakan….
Jadi bila anda ingin mengganti IC vertical nya cek dulu tegangan power supply nya tinggi apa nda klo tinggi perbaiki dulu power supply nya baru pasang IC vertical nya , klo ngga yah….bakalan jebol lagi IC nya …..he..heeehee…
Itu saja pengalaman saya  .
Semoga bermanfaat .

tv goldstar mati standby

Tv goldstar mati standby .
Oleh : mahdar .
Kemarin saya servis tv merk goldstar 20” mati , tapi lampu merah nya hidup alias standby .
Setelah saya buka tutup belakangnya dan saya balikkan pcb nya , saya ukur dalam keadaan hidup tegangan VCC nya cukup normal 60 volt biasanya  klo di on baru dia naik tegangan nya , tapi kali ini aku on malah kurang dari 100 volt malah ga hidup….
Walaupun aku buka jalur VCC yang ke FBT tetap tegangannya kurang dari 100 volt.
Aku yakin  bahwa kesalahan ada pada power supply  aku cek power supply dan elco nya sudah agak kusam . aku ganti semua elco yang kecil-kecil ada di power supply 3 buah dan aku ukur elco nya memang sudah tidak tepat lagi ukuran nya .
Setelah aku ganti dan aku coba hidup kan , aku ukur dalam keadaan standby tegangan ada kira-kira 60 volt , setelah aku  on langsung naik menjadi 115 volt .teruuuuus hidup deh…
Karena tetangga  , aku di amplopin 100 rb yah….aku terima deh…
Inilah pengalaman aku perbaiki tv goldstar 20’ kemarin .
Semoga bermanfaat untuk anda.

gambar tv bergaris-garis putih tipis

Kerusakan tv gambar ada garis-garis .
Oleh : mahdar
Semalam aku terima tv kerusakannya ada gambar  tapi ada garis-garis putih tipis dan lagi warnanya keluar dari gambarnya misalnya  muka orang ada bayangan warna .
Aku buka tutup belakangnya cek tegangan bagus  , lantas aku cek tegangan  di RGB rupanya ada kelainan , padahal aku sudah kecilkan screen  di FBT masih juga ada garis-garis seperti buku .
Aku perhatikan elco yang menuju ke RGB kelihatan nya udah kering malah pembungkusnya udah terkelupas . langsung aja aku coba cabut ternyata memang udah melembung , aku ganti langsung elconya  22 uf / 160 volt . langsung aja tokcer…..
Yah…Alhamdulillah aku dapat tv rusak nya ga berat-berat..
Demikian agar anda pemula dapat mengikuti terus artikel cara perbaiki tv .
Semoga bermanfaat……aku udah dapat lagi ni tv goldstar mati standby klo udah ketemu aku akan buat lagi artikelnya besok .

cara memeriksa tv mati total

Cara memeriksa  tv mati total
Oleh  :  mahdar
Cara  memeriksa tv mati total ini diperuntukkan  bagi pemula ( dasar ) sebelum nya saya minta maaf pada senior-senior teknisi tv , ini saya berikan hanya gelobal saja untuk lengkap nya ada die book saya yang belum selesai.
Setelah anda membuka tutup belakangnya coba cek dulu dalam keadaan mati dengan multi meter x10 aja . ukur elco VCC yang menuju ke FBT , kalau short periksa TR horizontal atau yang lainnya . bila tidak short  , coba ukur dalam keadaan on …. Gimana apa ada tegangan keluar dari power supply .untuk 14 ~ 21 “ kira-kira 105 ~ 120 volt , kalau untuk 25 ~ 32 “ kira-kira 130 ~ 145 volt  , kadang ada beberapa tv sebelum di on tegangan VCC  ada sekitar 60 ~ 70 volt setelah di on  hidup baru naik . kalau tidak ada tegangan ya ….cek power supply nya
Setelah dicek baik semua , baru anda cek di basis transistor drver horizontal harus ada tegangan sekitar 0,3 ~ 0,4 volt  , kalau tidak ada  , anda cek tegangan penyulut nya yaitu biasanya dikendalikan oleh IC control bila ada biasanya tv hidup…gimana kalau tidak ada…..
Anda harus cek rangkaian IC control seperti tegangan  5 volt ada juga yang  3.3 volt , periksa reset , xtal dan memory.
Ini aja dulu cara memeriksa tv mati total  nanti kita lanjutin …….
Semoga bermanfaat.

servis tv tidak ada gambar hanya bintik

Servis tv tidak ada gambar hanya bintik
Oleh : mahdar
Aku baru saja pulang perbaiki tv yang tidak ada gambar nya  , hanya bintik saja  . langsung aja aku program ulang melalui menu search , ternyata memang  tidak menerima gambar  .
Aku buka tutup belakang nya  , lalu aku cek tuner nya  dan aku ukur dalam keadaan hidup sambil aku  program , ternyata  tegangan  VT nya kosong ( 33 volt nya ) . setelah aku periksa  zener dan resistor nya . ternyata resistor nya yang 10 k / 2 watt putus . sehingga  tuner tidak ada masukan  tegangan 33 volt di VT  , pantas aja kalo di program babalas terus….
Aku ganti segera resistor 10 k / 2 watt  langsung aku hidupkan dan aku program ulang .
langsung aja  terprogram setelah selesai program otomatis lalu byar aja …..bagus bro..
Belum sempat aku kasih harga perbaikannya  , pemilik tv langsung  aja kasih amplop berisi 150 ribu  Alhamdulillah…..
Moga-moga anda juga bisa ketiban rezeki seperti saya …..amin

tv fuji cina tidak ada suara

oleh : mahdar
kemarin saya perbaiki tv merk fuji elektrik produksi cina tidak ada suara , begitu aku buka tutup belakang nya , aku ukur tegangan nya cukup 13,5 volt tapi aku ukur keluaran output IC suaranya tidak ada alias 0 volt . saya periksa sepeker nya  dua-dua nya bagus . aku periksa secara teliti kemungkinan IC nya yang rusak .aku ganti IC nya ternyata berhasil tapi bertahan hanya seperempat jam saja sudah jebol lagi .aku berpikir bagaimana cara mengakali supaya agar IC tidak jebol lagi . ada resistor 4,7 ohm penghubung antara power supply dengan tegangan masuk IC suara .aku ganti aja resistor itu dengan 22 ohm untuk mengurangi arus yang berlebih hingga terukur 11,5 volt lalu aku pasang kembali IC yang kedua kali aku beli lalu aku hidupkan byar…..aja . aku tunggu juga kurang lebih satu jam ternyata ga jebol lagi dan IC nya pun tidak terlalu panas. jadi kesimpulan nya IC suara jebol terus karena arus terlalu berlebih masuk ke IC suara . ini pengalaman saya perbaiki tv kemarin .
semoga bernanfaat untuk anda

service tv fuji elektrik 29 ‘ gbr ungu .

Kemarin saya servis tv fuji 29’ kerusakan nya  gambar nya ber warna ungu alias tidak ada hijau . itu sih gampang aja berarti warna hijau nya tidak keluar . kenapa tidak keluar karena transistor RGB salah satunya tidak kerja yaitu tr warna hijau . perhatikan deh ..tegangan di katode CRT pasti tidak ada keseimbangan , terutama katode hijau  . langsung aja deh saya ganti tr nya semua  ke tiga-tiganya , agar tidak ada yang rusak lagi .
Setelah saya ganti byarrrr …..aja normal kembali tanpa saya kutak-kutik lagi
Tapi saya cek juga kalo-kalo tegangan power supply tinggi , ga taunya benar tegangan di power suppy agak tinggi sedikit , lalu saya ganti elconya , memang sudah kelihatan agak kembung fisiknya. Lalu saya pasang harga Cuma 150 rb , ga ditawar lagi oleh sipemilik langsung dibayar asyikkan …?
Semoga ada manfaatnya .
Mahdar.

cara servis tv mati total standby 3

Untuk lanjutan cara perbaiki TV mati total stanby .  kali ini saya akan membahas tentang IC control sedikit yang bisa mengakibatkan TV mati stanby.
IC control juga bisa mengakibatkan TV mati total stanby ,  karena  IC control  tidak bekerja maka IC prosesor tidak dapat trigger atau masukan data dari  IC control.
IC prosesor mendapat tegangan  trigger  terutama untuk horizontal Vcc berasal dari IC control . setelah  tegangan  horizontal VCC masuk dan oscillator  horizontal bekerja maka tegangan horizontal driver keluar untuk memacu transistor driver horizontal hidup.
Setelah  transistor driver hidup bila  tidak ada masalah lagi di power horizontal , maka akan hiduplah  TV tersebut .
Biasanya IC control tidak pernah rusak kecuali TV kena petir . IC control harus mendapat teg angan kurang lebih 5 volt ( tergantung  type IC controlnya ) dan konstan .
IC control ini sangat sensitive tidak boleh lembab dan kotor.apa lagi basah  . oscilatornya memakai x’tal dan bekerja sama dengan IC memory .
Bisa juga tuts nya ada yang short , lembab atau kena air berarti salah satunya kaki IC control short maka TV ini juga  tidak mau hidup . periksa juga barangkali solderan nya kering maka perlu solder ulang .
Demikian artikel singkat ini mungkin dapat membantu anda.  Lihat juga blog saya servisetv.com  . Semoga ber manfaat .
Mahdar .

cara perbaiki tv mati total standby 2

Seperti janji saya  , cara perbaiki TV  mati  stanby bagian ke 2 ini , lanjutan dari artikel yang terdahulu oke…. Yup kita lanjutkan…

Kita anggap power supply baik dan rangkaian control baik .kemungkinan  rangkaian  blog horizontal ada masalah . misalnya  rangkain oscilator horizontal  , rangakian  driver  horizontal  dan  rangkaian  power horizontal.

Untuk rangkaian ascilator horizontal anda periksa tegangan  horizontal vcc ( H.vcc ). X’tal dan rangkaian sekitarnya misalnya  H out bagaimana ?

Untuk rangkaian driver  horizontal  periksa tegangan  di basis transistor driver dan collector  nya .  tegangan  di collector transistor driver  harus ada  setengah  tegangan  Vcc .  juga periksa trafo output  horizontal ini jarang rusak  .

Periksa  power  horizontal  ini sering rusak  ,  biasa rusak ada penyebabnya , cari dulu penyebab nya  baru ganti . periksa tegangan  di collector dan basis . atau yang terakhir FBT ( flyback trafo ) nya  rusak , FBT bisa di tes sebelum anda membelinya .

Kalau sudah oke semua pasti deh hidup . untuk belajar lebih mendalam anda harus mempunyai  ebook yang saya sedang susun tunggu  tanggal mainnya.

Untuk cara perbaiki TV hidup sebentar  dan belum keluar layarnya  sudah stanby kembali , tunggu artikel lanjutan dari saya bagian ke 3.  semoga bermanfaat..

Mahdar .

kerusakan tv buram dan gelap

Penyakit tv sekarang ini memang jelek kwalitasnya , apalagi merk nya engga terkenal
Kadang TV anda baru beberapa tahun aja gambarnya udah gelap
kadang buram walaupun brightnes dan contras maximal ini mungkin stelan di FBT berubah
kadang  juga emisi layarnya berubah
maklum kwalitas layarTV kurang bagus
Cuma disini anda harus membuka tutup  belakang TV . ayo mari kita praktekan…..
buka tutup belakang TV lalu kita lihat ada sebuah  komponen yang berbentuk bulat tinggi
sekitar 7 cm warna hitam ada kabel merah besar
yang menempel ke tabung layer itulah yang nama nya FLY BACK atau FBT di badan nya
ada 2 buah setelan yang satu tulisan nya FOCUS gunanya untuk mempertajam gambar ,
yang satu lagi tulisannya SCREEN
gunanya untuk mengatur gelap terang ,putar kekiri atau kekanan SCREEN pelan2 sampai
gambarnya bagus terang tapi jangan sampai keluar garis tipis putih
dan putar setelan FOCUS sampai gambar tajam ,setelah terang dan tajam
Jadi deh…….. terus pasang kembali tutup belakang TV …..mantap……
Okeh gampangkan…?
Begitukan teman-teman…….he he he tolong tambahin dong pengalaman 2 teman-teman
Tulis dikolom komentar .
Bila anda perlu skema tv Samsung ,  Philips , konka , fuji elektrik
Hubung saya di servisetv.com
Mahdar .

cara memperbaiki tv mati standby

Pada  akhir-akhir ini memang banyak sekali  keluhan tv mati stanby alias ga mau hidup hanya lampu kecil merah saja yang nyala. Apa sih… penyebab nya  ?
Untuk kerusakan tv ini sebenarnya banyak kemungkinan misalnya :
Rangkaian control dan IC nya lembab atau kotor.
Power supply tidak bekerja maximal ( lemah )
Tuts nya ada yang short . kotor
Rangkaian  osc dan driver horizontal  tidak bekerja . atau ada yang rusak
Ini yang banyak terjadi ada salah satu rangkaian yang bermasalah atau rusak jadi protect
Bagaimana cara memperbaiki tv tersebut ?
Kita parbaiki aja yang gampang-gampang dulu seperti  membersihkan  rangkaian control dan sekitar IC control dengan kwas dan tener lalu keringkan . coba…hidupkan
Kalau belum ok solder ulang kaki-kaki IC control dan IC prosesornya ,dan juga rangkaian nya ,  hati-hati jangan sampai ada kaki IC yang terhubung singkat ( short ) .
Coba lagi hidupkan …. Bagaimana sudah berhasil ? kalau belum..
Periksa tuts nya mungkin ada yang short , cabut dan bersihkan dengan tener rusak ganti dengan yang baru. Pasang kembali coba hidupkan ….belum juga hidup ?
Periksa rangkaian power supply teg B+ 100volt s/d 115 volt untuk 14” dan 21” .
Teg b+ 135 volt s/d 145 volt untuk 28” dan 29”.
Periksa teg  5 volt atau 3 volt  untuk teg IC control dan memori.
Biasa  elco-elco nya yang sudah lemah terutama yang tegangan nya tinggi.
Coba lagi deh mungkin sudah hidup . kalau belum hidup juga tunggu artikel berikutnya…cara perbaiki tv mati stanby bagian kedua , lihat juga blog saya yang lebih lengkap di servisetv.com
Semoga bermanfaat dan sukses .
Mahdar .

cara cabut pasang IC BGA pada tv dan hp

Sebelim anda mengangkat  IC  BGA pada hand phone dan tv . siapkan dulu alat yang diperlukan
  1. kwas lembut  , pinset . dan tener untuk pembersih
  2. timah dan songka cair
  3. kawat tembaga serabut untuk mengambil sisa timah
  4. plat cetak  IC BGA
  5. blower , solder 30 watt
cara mencabut IC BGA
taruh kan  songka cair ( pasta ) keseluruh badan dan kaki IC secukupnya agar panas nya tidak merusak IC . panaskan pakai blower sambil digoyang-goyangkan IC  tersebut pakai pinset sampai  tercabut keluar. Bersihkan sisa timah di kaki IC pakai kawat tembaga serabut hingga rata permukaan nya juga PCB nya . setelah itu bersihkan pakai tener IC maupun PCB nya  dan keringkan .
cara pasang IC BGA .
untuk memasang IC BGA anda harus membuat kaki IC dahulu caranya ambil plat pencetak IC BGA tempelkan pada IC tersebut hingga pas betul lalu oleskan timah cair pada permukaan plat yang berada diatas IC hingga lumer timah tersebut menjadi kaki IC ,  angkat plat cetakan dan anda amati  apakah semua kaki sudah tercetak dan rata ,
kalau sudah IC siap dipasang . pasang IC BGA tepat pada PCB sebelumnya oleskan dulu  pakai songka cair IC dan PCB nya  , perhatikan kaki no 1 jangan sampai salah , oleskan songka cair diatas badan IC . lalu panaskan badan IC tersebut sambil ditekan sedikit pakai pinset sampai terlihat IC menempel pada PCB nya , bersihkan pakai tener sedikit  dan selesai

tunggu artikel selanjutnya  , semoga bermanfaat .
mahdar .

cara servis tv pakai oscilloscope

Oscilloscope sangat membantu dalam memperbaiki tv maupun hp , apalagi  untuk mengetahui rangkaian kerja oscillator / pembangkit . misalnya  untuk mengetahui kerja oscillator  horizontal  sampai driver  horizontal pada tv mati total . bisa juga untuk memeriksa IC control , misalnya oscillator x,tal  , riset dan lain nya pada tv mati stanby  . begitu juga untuk memeriksa  sinyal gambar  mulai dari rangkaian  IF sampai pada rangkaian video output juga rangkaian suara . dengan osciloscop anda juga bisa memeriksa rangkaian  kerja  AV .
Untuk mengetahui tv mati total , mati total standby paling mudah  periksa pakai osciloscop . mulai dari pembangkit / oscillator horizontal sampai ke driver horizontal , kita bisa melihat signal nya , apakah ada atau terputus bila ternyata putus , kita bisa ukur / periksa  pakai multimeter rangkaian tersebut  . begitu juga  dengan rangkaian IC control bisa di cek pakai osciloscop. Dan masih banyak lagi kegunaan osciloscop .

Jual murah oscilloscope 10 mhz / second  , barang bagus  , biasa dipakai oleh saya . merk KIKUSUI model 5509 japan , harga 500 ribu aja…. Bisa nego
Berminat  hubungi saya 085210447754
Untuk lebih jelasnya  cara memperbaiki tv dengan memakai oscilloscope dengan gaya dan cara saya sendiri nanti saya buatkan  artikelnya.
Salam sukses .
Mahdar .

cara servis tv polytron mati total standby

Cara perbaiki tv untuk tv politron sering sekali saya mendapatkan  tv politron dengan kerusakan mati stanby . setelah saya periksa  komponen dan rangkaian nya baik tapi tidak mau hidup .  lalu saya periksa tegangan yang menuju ke oscillator horizontal ternyata  setelah di on tv tersebut  biasa  sekitar 6 sampai 7 volt  tapi ini malah  turun sampai 4volt ya…. Jadi tidak bisa hidup sebab kurang dari 6 volt  mungkin juga arusnya kurang dari semestinya .
Bagaimana cara mengakalinya ….? Elconya saya sudah ganti tapi belum juga naik tegangan nya . lalu saya ambil saja IC  8 volt yaitu 7808  ,  lalu saya ambil kaki input IC tersebut saya hubungkan  ke power suply tegangan  12 volt atau lebih dan kaki output nya saya hubungkan kekaki IC oscillator horizontal ( hor vcc ) yang sebelumnya  sudah saya putuskan  jalurnya  .
Terus saya on kan lagi tv tersebut ternyata tegangan yang ada sekarang tetap tidak turun  sekitar 6 sampai 7 volt . maka hiduplah tv tersebut  .
Ini lah pengalaman  saya  untuk servis tv politron yang sering saya  dapatkan  kerusakan  tv politron  mati stanby .
Adakah pengalaman anda…… ? tulis dikolom komentar . untuk lebih lengkapnya lihat juga websiteku di servisetv.com
Semoga bermanfaat .
Mahdar .

TV samsung ngelipet kurang penuh

Karena saya pernah juga kerja di Samsung electronic  ( ASC ) ,  sering juga saya mendapat kerusakan tv Samsung  yang gambar nya ngelipet atau tidak penuh , banyak teknisi yang terkecoh menggan ti IC vertical  padahal  teknisi tersebut tidak memeriksa  supply yang satu lagi yaitu 12 volt  nya
IC tersebut memang  ada  2 tegangan  supply yang sering bermasalah yaitu tegangan yang dari FBT lewat resistor  menuju kekaki IC vertical . biasa yang sering putus adalah  resistornya  .( R fuse ) .
Atau  kalau ngelipet bagian atas  ( kurang penuh bagian  atas ) biasanya  elco  47 uF nya yang berubah nilai .
Oke itu saja dulu pengalaman saya  sewaktu saya  servis tv Samsung . bagaimana dengan anda ….? Anda boleh tulis pengalaman anda  dikolom komentar untuk melengkapi  artikel saya ini .lihat juga website ku yang lebih lengkap di servisetv.com
Semoga bermanfaat .
Mahdar .

cara service remote TV dan AC

Remote  tv paling banyak sekali rusak , apalagi bila anda punya anak kecil , sering terjatuh , kebanting , kena air , lembab  dsb.
Untuk itu  anda jangan langsung  beli remote baru , coba dulu perbaiki , mungkin hanya lembab kena air atau terjatuh.
Modal nya hanya obeng kecil , kwas , tener , timah solder dan solder 40 watt
Yup kita mulai….
buka casing remote dengan obeng kecil keluarkan isinya cuci / bersihkan dengan kwas dan tener pcb dan karet-karetnya . keringkan pakai pengering rambut atau jemur , pasang pcb dan karet –karetnya   pasang batreynya  coba aktifkan.. bila sudah dibersihkan masih juga belum aktif , coba solder ulang semua kaki  komponen tersebut sampai dengan kaki IC nya . awas hati-hati jangan sampai ada kaki IC yang bergabung . nah coba lagi deh…..
biasanya langka 1 dan 2 ini sudah bisa aktif , bila belum juga periksa jalur , mungkin ada jalur yang putus biasa nya  hubungan antara batrey dan pcb atau pcb pecah coba periksa  dengan teliti . bila tidak ada yang putus coba anda periksa infra red nya atau x’tal 455 nyabiasa nya ini sering rusak  atau  kaki nya putus , soldernya  terlepas .
kalau  4 langkah ini masih juga belum aktif ?  terakhir IC nya . jikalau  IC nya yang  rusak , lebih baik anda ganti saja remote yang baru ….. jangan lupa lihat juga web yang lain lebih lengkap di servisetv.com
semoga bermanfaat ..
Ali mahdar .

solusi cara hilangkan warna liar ( gousing )

Apkah anda pernah melihat……                                                                           Kadang ada sebuah tv yang gambarnya  utuh tapi ada warna yang lain yang seharusnya  sawah misalnya warnanya hijau , tapi ini lain merah atau biru jadi ga enak dilihat , lucu kan ?  masa ada sawah warnanya merah sih…. Kalo sedikit sih ga apa kali…kalo banyak…….    gimana tu …solusinya  hee…hee….
Sebenar nya sih ini bukan kerusakan tv hanya ada medan  magnit yang masuk kedalam tabung CRT ini berlaku pada tv biasa / flat ,  bukan tv LCD dan  PLASMA .                                                                                                                                         nah ……bagaimana solusinya ……
anda ambil sebuah magnit bekas atau belakang  speker , lalu anda dekatkan pada layer tv anda ,  jarak kurang lebih 1 cm , Kekiri atau kekanan ber-ulang2 ( jangan sampai kena layar )    sampai warna yang lain itu  hilang . atau anda bisa  pinjam ama bengkel tv sebentar yang   namanya gousing .
anda colok stekernya ke stop kontak , lalu lakukan seperti pakai magnit tadi , ini malah lebih cepat , hanya satu  menit . gampangkan……..?
ini aja dulu artikel ringan yang gampang dipraktekan okeh….lihat juga website ku yang lebih lengkap servisetv.com
semoga bermanfaat
Tunggu e-book saya yang belum selesai.
Salam semangat
Ali Mahdar mantan teknisi tv.

service TV sanyo mati total standby

Sewaktu saya servis tv sanyo , saya mendapat kerusakan tv sanyo mati standby . saya cek semua dan saya ukur tegangan nya semua normal . setelah itu saya berfikir kenapa ya…….. ?
saya putuskan kabel yoke satu persatu mulai dari kabel horizontal lalu kabel vertical hasil nya sama saja . lalu saya sambung kembali .
dan saya cabut soker CRT , ternyata hidup tapi tidak keluar gambar . jadi ber arti masalah ada disini saya cek teg RGB baik . lalu saya cabut kabel filament dan saya hidupkan , berhasil…… langsung saya ber prediksi bahwa tegangan yang ada di filament arus nya kurang karena dibagi oleh rangkaian lain . untuk mengatasinya saya rubah resistor yang ke jalur lain atau saya besarkan nilai resistornya sedikit ternyata benar berhasil .
yah inilah pengalaman saya sewaktu saya servis tv sanyo .
mungkin ada yang lain , ikuti juga blog ku di servisetv.com dan silahkan isi komentar .
semoga bermanfaat .
mahdar .

service TV Toshiba strip lama-lama penuh

Toshiba memang tv yang agak susah spareparts nya dan juga tidak gampang servis nya , kalau tidak berpengalaman bisa gagal .
Saya pernah servis tv Toshiba yang gambar nya strip lama –lama penuh , kurang lebih setengah jam baru penuh .
Saya sudah cek bagian rangkaian IC vertical nya baik semua kecuali saya cek output vertical nya memang berubah tapi lama kelamaan normal . setelah saya berpikir sejenak , mungkin bagian oscillator vertical nya , ternyata benar ada satu lagi elco yang belum saya cek yaitu elco 2,2 / 50 volt nya berubah nilai , tapi lokasinya ada dibawah PCB atau chasis . lalu saya ganti elconya , ternyata benar tv langsung saya hidupkan langsung penuh .
Saya saran kan untuk penggantian elco tersebut anda ganti dengan elco yang bagus jangan yang abal-abal kalau tidak nanti ada masalah lain .
Demikian pengalaman saya servis tv Toshiba . untuk lebih lengkapnya lihat juga di servisetv.com
semoga bermanfaat .
Mahdar .

solusi kerusakan tv LG mati total standby

servis TV hidup sebentar , sebelum keluar sinar sudah stanby kembali , kerusakan ini memang sukar diterka letak kerusakan nya .
Untuk mengatasi kerusakan ini coba anda putuskan teg Vcc rangkaian demi rangkaian , misalnya rangkaian suara , coba anda hidup kan tanpa rangkaian suara bila hidup berarti rangkaian tersebut ada kerusakan .
Anda harus mencoba putuskan satu persatu rangkaian sehingga anda berhasil .insya ALLAH berhasil..
Ini pengalaman saya sewaktu saya sedang servis TV LG , saya putus kan kabel yoke untuk bagian horizontal lalu saya hidupkan ternyata hidup tapi ada garis putih dari atas ke bawah yang menandakan hubungan yoke horizontal terputus , begitu saya cek memang benar ada salah satu condensator yang volt nya besar 2 KV putus dekat flyback lalu saya ganti langsung dan saya sambungkan kembali kabel yoke yang saya putuskan tadi .
saya hidupkan TV LG tersebut ternyata byaaaar aja oke , lalu saya minta ongkos servis TV dan spareparts seratus lima puluh ribu aja bagaimana……..ini saya kerjakan hanya kurang lebih 2 jam .
Demikian pengalaman saya , untuk lebih lengkap lihat juga di servisetv.com semoga bermanfaat .
Mahdar .

service TV cina

Untuk servis tv china sering sekali saya menjumpai elco yang rusak , terutama bagian sekunder power supplay biasa nya elco yang tegangan tinggi missal nya 160 volt atau 250 volt juga IC vertical nya mungkin karena heat sink nya dipakai untuk IC vertical dan power horizontal
Tanda IC vertical rusak jikalau resistornya putus atau terbakar pasti IC vertical nya rusak kemung kinan tegangan Vcc 24 volt nya melebihi dari 24 volt .
Untuk gambar seperti tv lawas warnanya keluar atau gost itu biasanya rusak elco yang 250 volt nya yang kejalur katode CRT ( RGB ) dan banyak lagi masalah –masalah kerusakan tv buatan china itu .yaitu transistor horizontal , capasitor yang tegangannya tinggi 2KV
Yang penting anda harus teliti dan tidak gampang menyerah , ikuti terus artikel – ertikel lain nya di cara servis tv dari saya untuk anda , beri tahu teman bila ini bermanfaat. Tuggu ebook nya yang belum selesai . untuk melengkapi artikel ini anda boleh tulis komentar mengenai kekurangan artikel ini . lihat juga artikel saya yang lebih lengkap di servisetv.com
Semoga bermanfaat .
Mahdar .

Service tv gambar gelap kadang terang

Selamat sukses .
ada beberapa komentar mengenai TV , gambar nya kadang gelap waktu pemula di hidupkan ,jelang 1-5 menit kadang nyala sendiri , kadang 2 harus digoyang-goyang dulu TV nya baru nyala lagi , itu sih gampang kawan…. begini cara nya
Buka tutup belakang nya , hati2 pelan-pelan setelah terbuka lihat dibelakang tabung atau layar ada PCB kecil atau sasis kecil nama nya soket CRT , lalu panas kan solder , siapkan timah solder , solder ulang PCB tersebut terutama kaki soketnya yaitu kaki HEATER nya atau filamennya yang ada angka dari 1 sampai 9 atau 7, biasanya solderannya kering / retak.setelah itu tes TV tersebut dalam keadaan terbuka kalo udah nyala coba diketuk-ketuk pelan-pelan PCB nya kalo ga mati lagi atau gelap berarti sudah oke . tutup kembali belakang TV tersebut . jadi deh…..gampang kan…? he..he….he lengkapnya lihat di servisetv.com
udah dulu yah , bila kawan2 ada masalah dengan TV boleh kirim komentar insya ALLAH saya jawab , tolong kasih tau sama yang lain , biar ilmu saya ini terbagi dengan yang lain , jangan lupa isi komentar anda , nama , alamat daerah dan email kawan .
Mahdar mantan teknisi tv.

Perbaiki tv chanel pindah-pindah terus.

Anda sedang asik nonton TV tiba2 chanel nya pindah sendiri
kadang-kadang volumenya besar sendiri Kecil sendiri
kadang juga pindah ke AV
itu disebab kan karena tombol tersebut jarang dipakai
sehingga komponen yang ada dibelakang tombol tersebut , kadang tombol itu sendiri
menjadi kotor dan lembab .
perbaikinya nya adalah ganti tombol atau push on yang ada didalam TV tersebut
buka tutup belakang TV ,tarik sasis nya keluar ganti push on nya semua
biasa nya ada 6 push on
oke mari kta mulai panas kan solder, cabut satu persatu
kaki nya hanya dua , yang lain ground
ga bakal salah deh , yang penting waktu beli komponen nya bawa contoh
selesai ganti semua
jajal pasti sip…….deh. terus masukkan kembali sasis keasalnya dan pasang kembali tutup
belakang TV tersebut . jadi deh…. Gampangkan…..
kalau anda mau sukses ingat servisetv.com bisa…….. tunggu e-book nya
perlu skema tv Samsung , Philips , konka , fuji elektrik
Hubung saya di email ku.
Mahdar.

Tip merawat TV .

Tv di zaman sekarang kalau kurang perawatan , tv akan cepat rusak . apa lagi kalau tv nya bukan merk terkenal .
Ini sih sekedar tips saja mungkin bermanfaat bagi anda . coba perhatikan tips dibawah ini :
- Bila tv hendak dimatikan , matikan pakai remote dulu baru matikan powernya ini yang paling baik .
Jangan biarkan tv dalam keadaan stanby terus berlama-lama , apalagi kalau anda ingin keluar rumah , sebab nya sebagian komponen masih aktif .
- jangan menutup lubang / kasa ventilasi atas , biasa nya orang suka menutup atas tv dengan
alasa supaya jangan kotor atau kelihatan rapi . padahal memang sengaja pabrik mendisain seperti itu agar panas yang berada didalam bisa keluar lewat lubang-lubang ventilasi tersebut
kecuali tv dalam keadaan mati .
- bila anda ingin bersihkan body tv . pakai lah lap basah tapi jangan terlalu basah agar jangan
sampai air menetes kedalam tv . bila terjadi hal seperti itu atau tv anda ketetesan air hujan ,
keringkan tv nya dulu sampai kering pakai pengering rambut , setelah kering baru anda hidupkan tv nya .
- kadang anak-anak kalau sudah main game di tv , sudah tidak ingat lagi waktu , kadang satu
harian penuh . padahal tv harus sudah istirahat maximal pemakaian 6 jam , setelah 1 ~ 2
jam istirahat silahkan hidupkan kembali .
- bila anda punya speker besar-besar jangan taruh tv dekat speker tersebut. Kadang tv anda bisa
kemasukan magnit dari speker , nanti tv anda warna nya jadi belang atau yang seharus nya warna merah jadi biru ga lucu kan ? .
- satu lagi bila anda ingin bepergian jauh sebaiknya antenna tv anda dicabut , agar terhindar dari
yang nama nya petir , walaupun listriknya dicabut .
ingin lengkapnya lihat di perbaikitv.co.cc
demikian tips dari saya semoga bermanfaat bagi anda . barang kali anda ada yang mau menambahkan
silahkan tulis di kolom komentar .
mahdar .

TV mati setelah semalam nonton bola.

Aku pernah mengalami sendiri tv saya mati seperti ini .
Paling sebel kalo TV mau distel ga mau hidup , lampu standby nya pun mati . ini sering
terjadi……” tadi malam hidup, ko .. sekarang malah mati ? kenapa ya…
eeee…ga tau nya disebab kan dari steker listrik yang jarang di control .
kadang dimatikannya pakai remote aja , sehingga standby terus .
kadang juga steker nancap terus sampai setahun dua tahun ga pernah dikontrol. Achirnya lama kelamaan stekernya panas , kendor, keluar bunga api , terbakar dengan tidak disadari .
Ini bahaya lo… Bisa terjadi kebakaran
hati-hati kalo matikan tv sampai tuntas . matikan tv power on / of nya.
Ayo…kita teruskan …. begitu mau distel paginya ga hidup….?!
karena kabel steker terbakar ,mungkin putus kawat dalam dari pada dalam kabel itu , jadi tv nya ga mau hidup.Solusinya gimana hayo…..
ayo kita praktekan potong kabel dekat
stekernya , pasang steker yang baru hidupkan byar………hidupkan sekarang .
gampangkan……..? nyok kita ikutin terus minggu depan bersama saya , sedikit2 aja yang penting
lama2 anda bisa reparasi TV anda sendiri . dulu juga saya sebelum jadi technisi saya sering2
utak-atik TV , memberanikan diri yah……. paling resikonya rusak tanya teman , tetangga atau
bawa kebengkel deh….. kan emang tadinya juga rusak .
sampe disini dulu artikel yang sederhana ini nanti kita lanjutin lagi okeh….
anda perlu scema TV ……….. merk fuji elektrik , sierra , konka , Samsung dan pilips ?
hubungi saya melalui email atau mau Tanya masalah2 kerusakan TV ….?
yang paling gampang isi komentar dibawah ini , kalo banyak yang Tanya masalah nya sama , saya akan buat artikel nya.
nyok….kita tunggu artikel minggu depan ………. untuk lengkapnya lihat di servisetv.com
mahdar mantan teknisi tv .

Service TV tidak ada gambar , hanya ada gambar gembok.

Hai kawan-kawan pernahkah anda mengalami tv ga ada gambar , hanya ada gambar gembok ?
Alias terkunci hee…hee…..hee…
TV dijaman sekarang udah ga asing lagi bagi kita , bahkan diploksok kampung , desa , paling kagak punya yang namanya TV. saking banyaknya TV pasti ada aja yang rusak . Nah ….. kalo udah begitu , mau dibawa kemana ? bawa ke bengkel TV udah pasti anda harus merogoh kocek , mana acaranya bagus bola , tinju , sinetron eeh….malah TV nya rusak ga ada gambarnya .cuma yang ada gambar sebuah
gembok disudut layar atau ditengah layar .padahal ini bukan kerusakan , cuma mungkin anak2 suka pencet 2 tombol Remote aja ,
ahkirnya program TV terkunci deh…..! nah…… bagaimana cara membukanya ?
Okeh …… yuk.. kita betulin sendiri
Anda ga usah buka2 tutup belakang TV , cukup anda ambil remotenya aja , lalu anda hidupkan TV, setelah terbuka layarnya dan masih terlihat gambar gemboknya , walau dipencet program nya pun ga berfungsi . selanjutnya anda pencet tombol display diremote anda ( lihat gambar ) agak lama jangan dilepas sampai keluar gambarnya normal. setelah itu jadi deh……. gampang kan……?
Yah…ini hanya sekelumit kerusakan yang ringan saja , untuk selanjutnya saya akan terus memberi anda pengalaman2 saya selama saya menjadi tecknisi TV. gratis…..
Ikuti terus tulisan saya yang berikutnya sesuai dengan janji saya. Anda boleh Tanya apa saja tentang kerusakan TV .saya akan menjawab semua pertanyaan anda sesuai dengan kemampuan dan pengalaman saya. yaitu cara memperbaiki TV praktis ga teoritis , kita bukan belajar matamatika , ga pake rumus2an , yang penting tau dasar elektro dan praktek langsung ke TV bisaaa ! Kirimkan masukan 2 anda , saran2 anda , serta komentar anda yang membangun pada kolom komentar yang saya sediakan nanti .
Blog ini juga saya buat dengan kemauan nekad , padahal saya ga punya kemampuan dalam ber internet .mudah 2an pelajaran mengenai cara memperbaiki TV ini , dapat diterima oleh teman2 dan disebar luaskan kepada yang membutuhkan . chusus nya
Yang mau belajar perbaikan TV dan para calon tecknisi TV.
Silahkan tunggu tulisan saya berikutnya……………………gratis. jangan lupa komentarnya teman . Wassalam
lihat juga lengkapnya di servisetv.com
Mahdar mantan teknisi tv.

cara memeriksa kerusakan tv mati total.

cara mengatasi kerusakan TV mati total .
TV mati total ada dua macam kemungkinan kawan..
1. mati total stanby.
2. mati total ya…ga hidup sama sekali
disini saya kasih tips nya sedikit , kalo mati total stanby , coba anda buka tutup belakang tv , dan keluarkan sasisnya lalu anda ambil sebuah kuas selebar 2 cm aja yang udah dipotong separuh kurang lebih 1cm .dan sedikit tener duko yang bagus yang sedikit kadar airnya dan cepat kering.
coba anda kuas dengan pelan pelan sasis tsb dengan tener , keseluruh sasis sampai bersih dan kering kan pake hairdrayer agar betul betul kering dan lihat sekali lagi solderannya yang mungkin sudah kering , retak timah nya terutama bagian blog horizontal dan power suply nya lalu anda hidup kan tv , biasa nya klo ga ada kerusakan lain , hanya lembab dan kotor pasti hidup he. he .he…
klo yang mati total beneran biasanya kerusakan ada pada blog horizontal dan power suply klo yang ini anda harus berhati-hati , anda harus tau dulu cara memeriksa komponen2 yang ada didalam tv dan cara mengukurnya
tunggu artikel selanjutnya.sabar kawan….ga bisa buru-buru
barang kali ada yang mau kasih tambahan dari teman-teman bloger silahkan isi komentar dibawah ini.
ampe disini dulu yah aku mo sholat magrib dulu okeh….
jangan lupa lebih lengkap nya di servisetv.com
Mahdar mantan teknisi tv.

Persiapan untuk service tv pemula.

salam kenal.
sebelum saya menguraikan persiapan untuk servis tv pemula , izinkan lah saya meminta maaf kepada senior2 teknisi tv untuk saya membongkar ilmu rahasia servis tv. ilmu tidak ada yang abadi kecuali diamal kan kepada yang membutuhkan. okeh…mari kita mulai
sebenarnya untuk persiapan menjadi teknisi tv ga usah beli peralatan yang mahal2 dulu cukup yang sederhana saja misalnya;
2 buah obeng , plus dan min panjang kira2 30~40 cm aja.
2 buah obeng trim kecil dari mika atau plastik.
1 buah solder 40 watts beserta timah secukupnya.
1 buah multimeter yang murah aja seperti sanwa sp-10
1 buah sedotan timah , kuas 2cm dan tener secukupnya yang bagus.
2 buah tang , jepit dan monyong.
untuk peralatan tersebut diatas , anda sudah cukup untuk bisa jadi teknisi tv .lihat juga yang lebih lengkap di perbaikitv.co.cc
sekian dulu artikel pendahuluan ini , tunggu artikel selanjut nya.
bila anda ada yng mau menambahkan pengalaman anda silahkan tulis pengalaman anda dikolom komentar.
mahdar m



belajar dan berbagi cara servis televisi

Servisetv.com adalah blog terbaru saya yang akan berbagi pengalaman mengulas tentang cara servis tv untuk pemula , pelajar , mahasiswa dan calon  teknisi tv. pelajaran dan tutorial gratis untuk pemilik tv yang ingin meng utak-atik tv nya sendiri .  Harapan saya ,tak lebih dan tak kurang , apa yang saya suguhkan  semoga bermanfaat bagi anda.
cara service tv kelihatan kebanyakan orang sih gampang , kutak-kutik sedikit , uangnya banyak kata orang…loooh  . Padahal sih kalau lagi apes duit keluar , tenaga keluar …eeee dimaki-maki orang lagi  . tapi kalau lagi mujur  Cuma solder doing …100 rb  ngantongin….he.he.he…… coba deh simak pengalaman saya ….
Ini pengalaman saya sewaktu jadi teknisi tv di bengkel dan di pabrik . untuk membuka bengkel service tv banyak resiko nya broo , kalau kita kurang berhati-hati dan teliti .kita bisa tekor alias rugi . nah kalau gitu gimana dong cara nya ?
-         sebelum anda memperbaiki tv  dirumah sipemilik atau dibengkel , terlebih dulu anda Tanya dulu pada sipemilik tv kenapa rusaknya .anda harus tes didepan sipemilik , biar kita tahu sama-sama kerusakan tv nya .
-         seandainya kerusakan tv mati total anda buka tutup belakangnya , cek fuse dan tr horizontal nya . kalau fuse nya yang putus berarti power supply nya rusak periksa juga tr horizontalnya . kalau tr nya rusak , bisa juga power supply tinggi dan  rangkaian horizontal bermasalah .
-         untuk tv mati standby kita tidak bisa menentukan kerusakannya , harus ditunda pemeriksaannya . di cek dulu sampai ketemu kerusakannya , lalu tentukan ongkos dan komponennya . yang pasti sipemiliknya harus pulang dulu Karena makan waktu pemeriksaannya .
-         untuk cara perbaikan tv yang lama anda harus teliti kerusakannya , walaupun sepele .soalnya kalau tv lama semua komponen sudah tidak full lagi kekuatan nya . terutama elco , soket-soket dan solderannya. Untuk itu anda harus berhati-hati .bisa-bisa kerusakannya sedikit bisa jadi banyak ..he..he..he….udah gitu orangnya ga ngerti lagi , minta dibatalin dan minta dikembalikan kerusakannya seperti semula . udah cape …keluar uang….di maki-maki lagi…..apesssss deh.
-         Untuk tentukan harga / ongkos , sebaiknya dibicarakan sesudah anda tahu apa saja komponen yang rusak . ongkos kerja berapa dan penggantian komponen berapa .untuk harga komponen anda harus lipat dua atau tiga menjaga kalau komponen rusak lagi dan pengganti tranportasi . kecuali kalau yang harga nya murah. . walaupun murah juga mis resistor , condensator , diode  , anda harus melipat gandakan . bagi kita yang muslim untuk tentukan harga langsung saja ongkos kerja dan spare parts digabung  jangan dikasih tahu modalnya itu yang saya tahu…..
-         Cara memperbaiki tv dipabrik untuk ongkos kerja terpisah dari spare parts tv. harga spare parts tv bisa bisa 5-10 kali lipat dari harga diluar. Padahal saya juga suka belanja spare parrts tv untuk keperluan pabrik ….buka rahasia deh..he…he…he…kenapa harga spare parts di pabrik sangat mahal karena pabrik memberikan garansi seumpama spare parts yang dipasang rusak lagi , selama masih ada garansi service .
Nah ini dulu suka duka , pengalaman saya sewaktu saya buka bengkel service tv sendiri dan kerja dipabrik tv  .mungkin ini bisa dijadikan referensi untuk anda . bila anda butuh spare parts tv yang susah dikota anda , terutama yang diluar kota  , anda bisa memesan pada saya mudah-mudahan bisa membantu . anda dapat masalah pada tv servisan anda ? anda dapat menghubungi saya dalam cara service tv dan cara memperbaiki tv , atau share pada saya  melalui telepon atau email saya .sekarang saya sedang membuat sebuah ebook cara memperbaiki tv untuk pemula tapi belum selesai mohon doa restu dari anda . bagi anda yang membutuh kan scema / buku manual Samsung dan Philips dalam bentuk cd , saya siap kirim untuk anda , hubungi saya via telp / sms 085210447754 semoga bisa jadi bermanfaat dalam anda service televisi sendiri .
Dalam edisi perdana dan seterusnya , saya akan menyuguhkan berbagai teknologi sekitar cara servis tv , selain itu ada tips dan trik perbaiki handphone , cara menyablon sederhana , teknik perbaikan AC  serta mengupas tuntas  cara membuat website dalam ber bisnis on line .
Tentunya , apa yang saya anggap terbaik untuk disuguhkan kepada anda belum tentu selalu memuaskan anda . Karena nya , jangan segan untuk memberi saya komentar , pertanyaan atau saran . dan tak kalah menariknya saya akan menyuguhkan sebuah ebook kerusakan tv dan solusinya tapi sekarang belum selesai .
Terima kasih anda telah mampir diblog saya , ikuti terus info servis tv dari saya di  servisetv.com atau lihat juga webku yang lebih lengkap servisetvku.wordpress.com

selamat anda telah menemukan yang anda cari blog bermanfaat yang akan berbagi pengalaman kepada anda .

_______________________________________________
Memasang GACUN pada Tv atau Monitor LCD

Regulator Gacun/ Astelo ini memang gampang-gampang susah cara memasangnya.
Apalagi tegangan yang dibutuhkan harus konstan dan stabil.

Pada prakteknya ternyata saat dipasang pada powersuply Monitor atau TV LCD sering dijumpai tegangan mendut-mendut pabila di adjust pada tegangan yang kita inginkan.

Misalnya kita ingin menjust tegangan 5v pas, ternyata tegangan mendut2 terus seperti lagu dangdut dan mau stabil apabila dijust hingga 7 atau 8v bisa-bisa jebol IC micom..

Caranya mudah sekali sama seperti pada aturan pemasangan yaitu:

  1. Kabel Hitam ke Ground.
  2. Kabel Merah ke Drain/ Colector.
  3. Kabel biru dibiarkan saja atau di putus.
  4. Dan memberikan tegangan umpan balik pada pin 7 vcc IC UC3842.


Mudah sekali bukan?? selamat mencoba..!!

5 komentar:

  1. mas klo yg sama dengan STR G8656 apa y?

    BalasHapus
  2. mas klo tv lg 29 mode LG 29FU3RL kerusakannya garis horizontal tapi tak full kiri kanan lalu saya ganti ic vertikal,fr403 buat suplay B+ 14v ganti elco2 vertikal dan ic ew tapi masih tak ada perubahan kira2 dimananya lagi yg bermasalah?mohon bantuannya makasih

    BalasHapus
  3. terima kasih artikelnya,hal memasang gacun.untuk nilai resistor ukurannya berapa bang?.soalnya saya mencoba,resistor saya kasih ukuran 10k 05w.belum 10menit mosvetnya jebol.matur nuwun sanget atas jawabanya.

    BalasHapus
  4. mass kalo tv polytron ga ada gambar nya atau cuma keluar layar biru bersama nama merek tv nya gimana cara ngebenerin nya ya ????

    BalasHapus